Membuat Makefile dan kegunaannya

     Sekarang kita akan mempelajari makefile. Apa Sih itu makefile, Makefile adalah kumpulan script yang akan di-eksekusi oleh command make. make merupakan automation-tools yang diciptakan di Unix-type OS. Jadi jika OS anda merupakan satu clan dengan Unix (Linux, MacOS) maka command ini seharusnya ada.

Beberapa kegunaan makefile yaitu ketika kita diharuskan mengetikkan command yang panjang  tiap kali melakukan sesuatu dan harus menghafal semua command yang panjang tersebut. Namun  telah dibuat suatu cara untuk mempermudah pekerjaan tersebut, yaitu dengan penggunaan makefile.

Konsepnya sederhana, kita hanya perlu define beberapa command dan proses yang akan dilakukan didalam Makefile. Selanjutnya kita tinggal memanggil script tersebut dengan command make.

Jika kita menjalankan make, Program ini akan mencari sebuah file bernama makefile pada direktori, lalu mengeksekusinya. Jika terdapat beberapa makefile, maka dapat pula dieksekusi dengan perintah :

make –f makefile


Adapun lebih lengkap mengenai make dapat dilihat dengan man make.


Untuk case ini kita mempunyai project django dan menjalankan project django menggunakan makefile. Kita sudah membuat file dengan nama Makefile didalam folder yang sama dengan project django seperti dibawah ini.


*Bagi teman” yang belum tahu cara instalasi django bisa kunjungi link ini.



Kita  memiliki Makefile dengan isi seperti gambar dibawah.

Penjelasan:

Baris 2,6,10:
- nama definisi command saat dipanggil make

Baris 3,7,11:

    - eksekusi command pada django

.PHONY: runserver

  • berarti kata "runserver" tidak mewakili nama file di Makefile ini;

  • berarti Makefile tidak ada hubungannya dengan file bernama "runserver" di direktori yang sama.


Cara menggunakan makefile untuk memanggil define command yang kita buat yaitu dengan cara seperti berikut:

  • Menjalankan server Django

Penjelasan:

Make runserver

                kata “runserver” mewakili definisi command yang merujuk ke command “@python                               manage.py runserver”  yang sudah kita buatkan sebelumnya di dalam file Makefile.



  • Create app project Django


Penjelasan:

Make createartikel

                  kata “createartikel” mewakili definisi command yang merujuk ke command “@python                          manage.py startapp artikel” yang sudah kita buatkan sebelumnya di dalam file Makefile,                   setelah mengeksekusi perintah “Make createartikel” secara otomatis akan terbuat folder                      dengan nama artikel.                 


  • Create app project Django secara dinamis dengan variabel

Penjelasan:

Make createapp app=berita
- kata “createapp” mewakili definisi command yang merujuk ke command “@python                  manage.py startapp $(app)” yang sudah kita buatkan sebelumnya di dalam file                      Makefile.

        - Kata “app” merupakan nama variabel yang sudah didefinisikan di command “@python              manage.py startapp $(app)”.

        - Kata “berita” merupakan nama app yang akan kita buatkan, kata “berita” bisa diubah              sesuai keinginan.

 Setelah selesai mengeksekusi perintah “Make createapp app=berita” secara otomatis akan terbuat folder dengan nama berita


Begitu kira” penggunaan makefile, teman” bisa menggunakan makefile sesuai kebutuhan.


Lebih jauh tentang makefile bisa kunjungi artikel berikut.

https://www.gnu.org/software/make/manual/make.html


0 komentar:

Post a Comment

Informasi:
Form komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan melalui proses pemeriksaan sebelum ditampilkan dalam kolom komentar.

Memasang link dan konten yang mengandung pornografi di komentar tidak akan di tampilkan. Hanya komentar yang membangun dan sesuai topik artikel saja yang akan kami tampilkan.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.